Hanya ingin menyalurkan hobi serta ingin berbagi, baik itu berbagi ilmu ataupun pengalaman hidup pada banyak orang:) semoga saja apa yang dibagikan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca terutama untuk saya sendiri. Jika ada yang kesalahan dari tulisan saya, mohon bantuannya untuk bisa mengomentari. Terima kasih:) Selamat membaca! ^^

Sabtu, 05 Maret 2016

Hidup Silih Berganti



Pernah Aku Sadari
Pernah ku sadari
Adanya suka dalam benci
Adanya sedih dalam senyum
Adanya keresahan dalam canda tawa.
Tak pernah aku ingkari semua itu
Karena semuanya memang nyata adanya
Aku juga tidak mengingkari.
Bahwa meski banyak cahaya..
Masih ada kegelapan.
            Hidup silih berganti
            Dari duka menjadi suka.
            Dari suka menjadi duka.
            Yah semua itu aku sadari.
            Ketika duka, tangis menggelegar
            Ketika suka, tawa yang menggema
            Ketika gelap, takut mendominasi
            Ketika terang, keberanian yang bertebaran
            Selalu begitu.
Aku menyadari.
Ketika satu insan senang.
Satu insan yang lain menangis.
Aku juga menyadari.
Adanya ungkapan :
“Aku disini sedih, lalu mereka disana bahagia.”
Dan adanya uingkapan :
“Aku disini senang, tapi mereka di sana bersusah payah.”
Hanya aku kah yang menyadarinya?
Atau semuanya menyadari itu?
            Jika kesadaran itu ada setiap saat
            Maka semua insan akan sering bersyukur
            Semua insan akan bahagia seperlunya
            Dan sedih seperlunya
            Tapi sayang..
            Manusia tempatnya khilaf
            Akan ada lupa dalam dirinya
            Termasuk lupa akan kenyataan hidup yang silih berganti.
Tapi biarlah
Apa salahnya meski manusia tempat khilaf?
Itu sifat manusiawi.
Tapi tak pantas dijadikan alasan untuk berhenti menyadari kenyataan hidup yang silih berganti.
Jika lupa, ingat lagi.
Lupa lagi, ingat lagi.
Lagi dan lagi itulah
Yang akan membuat kesadaran pada kenyataan hidup lebih lekat dalam memori
Kesadaran tak hanya mempan untuk diingat
Tapi harus diamalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar